6 Cara Reset Hp Samsung Ke Pengaturan Pabrik

Cara Reset Hp Samsung Ke Pengaturan Pabrik Secara Mudah

JuniorSamsung.com – Salah satu solusi mengatasi hp Samsung yang lemot adalah dengan melakukan hard reset atau factory reset. Tujuannya adalah untuk mengembalikan pengaturan hp Samsung ke pengaturan pabrik sehingga performa smartphone kembali seperti saat pertama kali dibeli. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimanakah cara reset hp Samsung ke pengaturan pabrik?

Cara mereset hp Samsung sangatlah mudah. Sobat tidak butuh komputer atau laptop, karena proses reset bisa dilakukan secara langsung melalui menu Pengaturan atau Settings yang tersedia di hp Samsung. Namun perlu diingat, proses hard reset akan menghapus semua data yang tersimpan di smartphone. Jadi pastikan mencadangkan data penting terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

Setelah melakukan reset pabrik, semua file di hp Samsung akan terhapus, termasuk foto, video, aplikasi, dan game yang sebelumnya sudah terinstal di smartphone. Selain itu, pengaturan hp Samsung akan kembali ke kondisi awal seperti saat smartphone pertama kali dibeli. Oleh karena itulah sangat penting untuk membackup semua file sebelum mereset hp Samsung.

Setelah melakukan hard reset, performa smartphone akan kembali cepat sehingga bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah hp Samsung yang lemot. Selain itu, hard reset juga diperlukan ketika ingin menjual smartphone agar tidak ada data pribadi yang tersimpan di dalamnya. Nah untuk mengetahui caranya, silahkan simak artikel juniorsamsung.com berikut ini.

Resiko Reset Hp Samsung

Cara Reset Samsung

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara reset hp Samsung, sobat harus mengetahui apa saja resikonya. Yah, ada beberapa resiko yang wajib diketahui sebelum melakukan reset. Adapun resikonya adalah sebagai berikut.

1. Kehilangan data

Resiko yang pertama adalah kehilangan semua data yang tersimpan di smartphone. Semua file, baik itu foto, video, kontak, aplikasi, game dan beragam file lainnya akan terhapus. Jadi pastikan terlebih dahulu membackup semua file penting sebelum mereset hp Samsung.

2. Kerusakan sistem operasi

Terdapat beberapa cara untuk mereset hp Samsung ke pengaturan pabrik. Salah satu cara yang paling mudah adalah melalui menu Pengaturan. Selain itu, reset juga dapat dilakukan melalui Recovery Mode dan menggunakan komputer atau laptop. Namun, cara yang paling aman adalah melalui menu Pengaturan di hp Samsung karena dapat menghindari kerusakan pada sistem operasi.

Namun, perlu diingat bahwa melakukan reset melalui Recovery Mode atau Komputer dapat menimbulkan risiko jika dilakukan dengan salah, seperti menyebabkan kesalahan pada sistem operasi. Oleh karena itulah sobat wajib mengetahui cara reset hp Samsung yang benar agar terhindar dari masalah tersebut.

3. Risiko brick

Brick adalah kondisi dimana hp Samsung mengalami kerusakan yang cukup serius akibat dari kesalahan saat melakukan reset. Jika hp Samsung mengalami brick, maka hp tidak dapat digunakan sama sekali dan tidak dapat dihidupkan.

Kesalahan yang dapat menyebabkan brick saat reset hp Samsung antara lain melakukan reset pada sistem yang tidak cocok dengan tipe hp, menghapus atau memodifikasi sistem file yang kritis, atau melakukan reset saat hp dalam kondisi baterai yang rendah atau tidak stabil.

Jika hp Samsung mengalami brick akibat dari kesalahan saat reset, maka perbaikan biasanya memerlukan bantuan teknisi atau layanan pabrik. Jadi lebih baik sobat melakukan reset melalui menu Pengaturan yang tersedia di hp Samsung karena cara ini lebih aman dan dapat menghindari risiko brick.

4. Masalah keamanan

Reset hp Samsung ke pengaturan pabrik dapat menghilangkan semua data dan pengaturan yang ada pada hp tersebut. Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi pengguna yang ingin menjual atau memberikan hp tersebut kepada orang lain tanpa khawatir data pribadi bocor atau terakses oleh orang yang tidak berwenang.

Namun, hal ini juga dapat menjadi risiko keamanan jika pengguna tidak mengambil langkah-langkah yang tepat. Jika data pribadi yang sensitif seperti informasi login, password, nomor kartu kredit, atau data medis tidak dihapus sebelum reset, maka orang yang mendapatkan hp tersebut masih bisa mengaksesnya.

Untuk menghindari risiko keamanan saat melakukan reset hp Samsung ke pengaturan pabrik, sobat wajib log out terlebih dahulu semua akun yang terhubung ke smartphone seperti akun Google, akun Samsung, akun Email, dan beragam akun lainnya yang menyimpan data pribadi dan file-file penting.

5. Membatalkan garansi

Samsung memperbolehkan semua pengguna hp Samsung untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik tanpa ada batasan apapun. Namun, jika reset dilakukan dengan tujuan untuk menginstal custom ROM atau melakukan modifikasi sistem operasi pada hp, maka garansi bisa hilang.

Penggunaan custom ROM atau modifikasi sistem operasi pada hp Samsung dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi dan menyebabkan hp menjadi tidak stabil atau bahkan rusak. Tindakan tersebut dianggap sebagai modifikasi yang melanggar ketentuan garansi yang diberikan oleh Samsung sehingga lebih baik jangan melakukannya.

Cara Reset Hp Samsung Ke Pengaturan Pabrik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, melalui reset ke pengaturan pabrik pada hp Samsung dapat menimbulkan beberapa risiko seperti kehilangan data penting, kerusakan sistem operasi, keamanan, hingga kehilangan garansi. Namun, semua risiko tersebut dapat dihindari dengan melakukan reset melalui menu Pengaturan atau Setting yang tersedia di hp Samsung.

Melakukan reset melalui menu Pengaturan atau Setting merupakan cara paling aman. Oleh karena itulah kami akan memberikan tutorial cara reset hp Samsung ke pengaturan pabrik yang bisa sobat simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka menu Settings

Cara Mereset Hp Samsung 1

Langkah pertama adalah membuka menu Settings atau Pengaturan yang ada di hp Samsung. Sobat bisa membukanya melalui icon aplikasi Settings atau melalui tombol Setting yang tersedia di menu Quick Settings.

2. Pilih opsi General management

Cara Hard Reset Hp Samsung

Setelah menu Settings terbuka, selanjutnya scroll ke bawah dan pilih menu “General Management” atau “Manajemen Umum“.

3. Pilih Menu Reset

Cara Reset Hp Samsung

Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Reset“. Silakan ketuk opsi tersebut.

4. Pilih Factory Data Reset

Cara Mereset Hp Samsung

Pada menu ini tersedia beberapa opsi reset, mulai dari reset semua pengaturan, reset pengaturan jaringan, dan reset pengaturan aksesibilitas. Nah untuk mereset smartphone sepenuhnya, silakan pilih opsi “Factory Reset“.

5. Ketuk Tombol Rest

Cara Reset Hp Samsung Ke Setelan Pabrik 2

Selanjutnya akan muncul informasi bawah factory data reset akan menghapus semua file yang ada di smartphone, termasuk akun Google, Musik, Foto, Video, dan beragam file lainnya. Jika sudah yakin akan mereset hp Samsung ke pengaturan pabrik, silahkan klik tombol “Reset“.

6. Pilih Delete All

Cara Factory Reset Samsung

Langkah terahir tinggal klim tombol “Delete All“. Setelah itu proses reset akan dimulai dan smartphone akan secara otomatis restart setelah proses reset selesai.

Sebelum mencoba tutorial cara reset hp Samsung ke pengaturan pabrik yang kami sampaikan di atas, kami sarankan untuk terlebih dahulu mencadangkan semua file-file penting dan jangan lupa untuk terlebih dahulu menghapus akun-akun yang terhubung ke smartphone. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan dan privasi data pribadi yang sobat miliki.

Cara Reset Hp Samsung Lewat Recovery Mode

Cara Reset Hp Samsung Ke Setelan Pabrik

Terdapat cara lain untuk melakukan reset hp Samsung ke pengaturan pabrik, yaitu melalui Recovery Mode. Namun, cara ini cukup berisiko karena harus dilakukan dengan sangat tepat agar tidak menyebabkan kerusakan pada sistem operasi atau terjadinya brick pada smartphone.

Sebelum mencoba cara reset hp Samsung lewat Recovery Mode, pastikan baterai smartphone dalam keadaan penuh atau minimal 50% ke atas. Jika tiba-tiba baterai habis saat melakukan factory reset maka bisa mengakibatkan kerusakan sistem atau bahkan brick.

Tentu sobat tidak ingin smartphone rusak hanya karena melakukan reset. Oleh karena itulah sobat wajib mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama, silakan terlebih dahulu mematikan hp Samsung. Sobat bisa menyimak caranya pada artikel berikut “Cara Mematikan Hp Samsung“.
  2. Setelah smartphone dalam keadaan mati, kemudian tekan tombol “Volume Atas” dan “Tombol Power” secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik hingga muncul logo Samsung.
  3. Setelah muncul logo Samsung, lepaskan tombol power tetapi terus tahan tombol volume atas hingga masuk ke menu Recovery Mode.
  4. Pada Recovery Mode, gunakan tombol volume up dan volume down untuk memilih opsi “wipe data/factory reset“, lalu tekan tombol power untuk memilihnya.
  5. Selanjutnya, pilih opsi “Yes – delete all user data” dan tekan tombol power.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai. Setelah selesai, pilih opsi “Reboot system now“, lalu tekan tombol power untuk merestart hp Samsung.
  7. Setelah hp Samsung hidup kembali, maka pengaturan hp Samsung akan kembali ke setelan pabrik dan semua file yang didalam-Nya akan terhapus.

Silakan ikuti semua langkah di atas dengan benar. Namun apabila smartphone tidak berhasil masuk ke Recovery Mode maka sobat bisa mencoba alternatif lain dengan cara menyambungkan hp Samsung ke kabel USB yang terhubung ke PC atau Laptop, lalu ikuti langkah di atas.

Beberapa tipe hp Samsung memiliki metode berbeda untuk masuk ke Recovery Mode. Namun pada umumnya hanya perlu menekan Tombol Volume Up dan Tombol Power secara bersamaan.

Cara Reset Hp Samsung Otomatis

Cara Reset Hp Samsung Otomatis

Seperti yang sobat lihat di atas, cara reset hp Samsung ke pengaturan pabrik sebenarnya sangat mudah. Sobat bisa mencobanya lewat menu Pengaturan atau melalui Recovery Mode. Menariknya lagi, Samsung juga menyediakan fitur Auto Factory Reset yang mereset smartphone secara otomatis.

Auto Factory Reset merupakan salah satu fitur keamanan yang memungkinkan smartphone melalukan reset secara otomatis ketika salah memasukkan kode kunci beberapa kali berturut-turut dan mencapai batas percobaan. Dengan adanya fitur ini maka data yang tersimpan di smartphone akan jauh lebih aman ketika smartphone hilang, jatuh, ataupun dicuri.

Fitur Auto Factory Reset harus diaktifkan secara manual. Menurut kami fitur ini sangatlah penting. Jadi sobat wajib mengaktifkannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Nah untuk mengetahui cara mengaktifkan Auto Factory Reset Samsung, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih menu Lock Screen
  3. Kemudian pilih menu Secure Lock Screen
  4. Lalu akifkan Auto Factory Reset.

Setelah Auto Factory Reset aktif maka smartphone bisa melakukan reset secara otomatis apabila salah memasukkan kunci layar sebanyak 15 kali bertutur-turut dan akan menghapus semua pengaturan dan file yang tersimpan di dalam hp Samsung.

Kesimpulan

Mereset hp Samsung ke pengaturan pabrik memang sangat diperlukan, terutama ketika performa smartphone menurun dan terasa sangat lemot ketika digunakan. Namun perlu diingat, reset akan menghapus semua file yang tersimpan di smartphone dan harus dilakukan secara benar.

Selain itu, sebaiknya cadangkan terlebih dahulu semua data penting sebelum melakukan reset dan pastikan untuk memilih cara reset yang aman seperti melalui menu Pengaturan atau Setting yang tersedia di hp Samsung.

Jika memilih cara reset hp Samsung yang lebih risiko seperti melalui Recovery Mode, pastikan sobat mengikuti langkah-langkah yang kami sampaikan di atas dengan tepat agar tidak terjadi kerusakan sistem operasi atau bahkan mengalami brick.

Nah demikianlah informasi juniorsamsung.com mengenai cara reset hp Samsung ke pengaturan pabrik yang dilansir dari situs samsung.com. Semoga sobat terbantu dengan adanya artikel di atas dan simak pula artikel lainnya mengenai “Cara Blokir Nomor Di HP Samsung Tanpa Aplikasi” dan beragam artikel lainnya.

FAQ

Apabila masih ada pertanyaan seputar cara reset hp Samsung ke pengaturan pabrik, silakan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah mereset hp Samsung akan menghanguskan garansi?

Jika reset dilakukan lewat menu Pengaturan atau Recovery Mode maka tidak akan menghanguskan garansi. Garansi hanya akan hangus jika mereset hp Samsung menggunakan custom ROM.

Bagaimana cara reset hp Samsung yang aman?

Lebih baik melakukan reset lewat menu Settings atau Pengaturan hp Samsung karena cara tersebut merupakan cara reset hp Samsung yang paling aman.

Apakah bisa reset hp Samsung lewat komputer atau laptop?

Bisa. Sobat bisa mencoba menggunakan aplikasi ODIN. Namun cara tersebut cukup berbahaya karena harus terlebih dahulu mendownload firmware yang tepat sesuai tipe hp Samsung dan harus dilakukan dengan sangat tepat.

Kenapa tidak bisa masuk ke recovery mode Samsung saat reset?

Jika tidak berhasil masuk ke recovery mode setelah menekan tombol Power dan Volume Up, sobat bisa mencoba menyambungkan smartphone ke kabel USB yang terhubung ke komputer atau laptop.

Apakah reset hp Samsung lewat Recovery Mode berbahaya?

Sebenarnya tidak, selama dilakukan secara benar

Bagaimana cara masuk ke Recovery Mode Samsung untuk melakukan reset?

Pada umumnya cukup menekan tombol “Volume Up” + “Power” secara bersamaan.

Leave a Comment